Bisnis Plan

Peluang Bisnis Bebek Presto
Di daerah bagian timur Malang ada kompleks perumahan yang disebut Perumahan Sawojajar. Dahulu kawasan ini adalah kawasan pertanian yang subur. Kini telah berubah menjadi kawasan perumahan. Luasnyapun makin lama makin bertambah menggusur area pertanian yang ada. Memang perkembangan perumahan di Malang sangat pesat
Perumahan Sawojajar ini termasuk salah satu tempat favorit saya untuk ‘mengisi perut ‘. Asal tahu saja, akses jalan yang bagus disertai dibuka dan diperbaikinya beberapa jalan tembus menjadikan perumahan ini semakin ramai. Akibatnya, seperti biasa, kawasan yang semula adalah perumahan kini menjadi area bisnis yang menarik. Kini rumah menjadi toko, ruko dan kantor banyak berdiri, pedagang kaki lima hingga restoran disana sini. Kini tidak tampak lagi kalau kawasan ini adalah perumahan. Akibat lain, harga tanah disini terus merangkak naik, sehingga sangat beruntung mereka yang berinvestasi properti di kawasan ini.
Makanan yang paling saya suka di Sawojajar ini adalah Bebek Presto. Bagaimana peluang usaha bebek presto ini ?
Daging bebek memang berbeda dengan daging ayam dari sisi rasa. Menurut saya daging bebek jauh lebih gurih daripada daging ayam. Memang daging bebek lebih alot. Namun dengan presto daging bebek bisa lunak dan gurihnya tidak hilang.
Kalau di Sawojajar tersebut bebek presto masih dijual di kali lima, sebenarnya Anda bisa lebih dari itu. Anda bisa membuka rumah makan / restoran dengan menu andalan bebek presto. Usaha rumah makan memang sebaiknya ada menu andalan. Dan dengan menu andalan itulah Anda bisa menciptakan merek untuk usaha Anda.
TIPS Usaha Bebek Presto
Dari sudut pandang saya sebagai konsumen, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam usaha bebek presto ini antara lain :
1. Pemilihan lokasi
Lokasi rumah makan yang favorit bagi saya adalah yang halamannya luas, sehingga mobil atau sepeda motor dengan leluasa dan aman bisa parkir. Atau jika halamannya tidak luas, minimal jalannya lebar, sehingga mudah bagi kendaraan untuk parkir. Kendaraan adalah barang berharga, sehingga jika parkir kurang nyaman dan aman, pelanggan Anda tidak akan tenang saat makan.
Saya juga biasa mempertimbangkan lokasi rumah makan tersebut bising atau tidak. Kalau bising, misalnya terlalu dekat dengan jalan raya atau bengkel, pelanggan tidak bisa santai menikmati hidangan
2. Menu Andalan
Di bisnis makanan, Anda sebaknya memiliki menu andalan. Kalau usaha bebek presto, bebek prestonya bisa Anda jadikan menu andalan. Menu andalan ini bisa menjadi merek bagi usaha Anda. Sebagai contoh, di Malang ada rumah makan “Es Selun” dengan menu andalan Es Teler. Disamping menjual es, ternyata ada puluhan menu lagi, mulai dari masakan jawa hingga china.
3. Penataan Ruang
Berkenaan dengan penataan ruang, hal ini tergantung siapa target pasar Anda. Kalau calon konsumen Anda adalah menengah ke atas, perhatikan faktor privacy. Misalnya penataan meja kursi jangan terlalu berdekatan antar pelangan. Hal ini tentu beda dengan jika pelanggan Anda adalah mahasiswa.
Suasana ruangan bisa diatur sesuai dengan selera Anda, yang penting menyenangkan bagi pelanggan. Anda juga bisa mendesain ruang dengan ciri khas tertentu, dengan tidak meninggalkan nuansa rumah makan.
4. Harga
Penentuan harga biasanya tergantung banyak hal seperti lokasi Anda dimana (kali lima atau restoran besar), banyaknya tiap porsi, dan tentu saja harga kebutuhan bahan pokok masakan tersebut. Sebagai pertimbangan, di Malang harga bebek presto yang dijual di kali lima Rp 10.000 / porsi. Kalau di restoran saya perkirakan Rp 20.000 – 30.000
Jangan lupa, cantumkan harga di daftar menu Anda. Hal ini lebih melegakan konsumen dan saya yakin lebih membuat dagangan Anda laku. Banyak konsumen yang merasa tertipu karena pedagang tidak mencantumkan harga di daftar menu. Konsumen biasanya malu untuk bertanya harga. Jika harga tidak dicantumkan, biasanya konsumen akan ‘mengira-ngira’ sendiri harga. Dan ini kadang banyak merugikan pedagang sendiri. Ada konsumen yang menahan belanja, karena takut harganya mahal. Ada juga yang belanja berlebihan tanpa memperhitungkan harga, tapi setelah tahu harganya dan setelah makanan dikonsumsi, ia merasa tertipu. karena itu, tunjukkan harga di awal sehingga konsumen bisa memperkirakan pengeluaran mereka.
5. Kebersihan
Kebersihan kunci sukses usaha makanan. Kebersihan ini meliputi ruangan, perabotan dan tentu saja makanan. Sekali konsumen Anda menemukan sesuatu yang jorok, jangan berharap dia akan kembali. Dan yang pasti ia akan menceritakan hal tersebut kepada orang lain. Inilah pentingnya kontrol kualitas, terlebih jika usaha Anda sudah besar
6. Pelayanan
Sebagaimana bisnis yang lain, pelayanan yang baik harus Anda berikan. Jangan biarkan konsumen menunggu lama. Mereka yang datang ke restoran dalam kondisi lapar. Jangan biarkan mereka semakin tersiksa dengan lamanya pelayanan Anda, lebih-lebih jika bau masakan Anda menyebar (tambah ‘keroncongan’ dong….). Untuk masakan tertentu memang persiapannya butuh waktu yang agak lama, karena itu Anda bisa menyiasati hal ini.
Cara Membuat Bebek Presto
Membuat bebek presto tidaklah sulit. Proses pembuatan bebek presto biasanya menggunakan alat khusus yang disebut panci presto / alat presto. Untuk skala kecil bisa Anda beli di toko-toko peralatan rumah tangga. Sementara untuk skala besar bisa Anda beli Mesin Presto .com.
Prinsip kerja dari alat presto adalah produk dikukus pada tekanan tinggi secara konstant. Alat presto ada yang menggunakan LGP ataupun minyak tanah sebagai bahan bakarnya. detail bisa dilihat di Mesin Presto .com. Lama proses memasak agar bebek lunak sekitar 30 menit.
Bagaimana dengan resep / bumbunya ? Kalau resep sebenarnya sesuai dengan selera. Kalau yang biasa saya pesan setelah bebek dipresto bebek tersebut dibakar. Penyajiannya dengan lalapan mentimun dan beberapa sayuran.
Bebek Presto Bumbu Kari
Dibawah ini resep dan cara memasak bebek presto bumbu kari. Saya ambilkan dari Oxone-online.com
Bahan:
1 ekor bebel, potong jadi 8 bagian
500 ml santan encer
200 ml santan kenal
2 buah bawang bombay, iris dadu
Bumbu:
5 siung bawang putih
10 butir bawang merah
5 cm jahe
5 cm kunyit
10 buah kapulaga
1/2 sdt ketumbar utuh
1/2 jintan
1/2 sdt adas manis
lada, pala, garam secukupnya
5 buah pekak
3 asam kandis
5 tangkai salam koja
5 lembar daun jeruk
Cara Membuat:
1. Haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, dan kunyit.
2. Sangrai kapulaga, ketumbar, jintan, dan adas. Kemudia haluskan, sisihkan.
3. Tumis semua bumbu halus hingga harum.
4. Masukkan bebek, aduk rata. Tuang santan encer lalu pindahkan ke dalam panci presto. Kemudian presto selama 30 menit, angkat.
5. Tambahkan santan kental lalu masak hingga matang, angkat, sajikan.

PELUANG USAHA JUAL BEBEK GORENG dan BAKAR
Tanpa Franchise Fee dan Royalty.


Ditengah maraknya perkembangan waralaba indonesia, Bebek Muda Mandiri membuat terobosan baru hadir dengan system kemitraan. Dengan investasi yang sangat terjangkau, sangat memudahkan mitra yang ingin berwirausaha. Mitrapun tak perlu pusing memikirkan Franchise Fee dan Royalty karena modal yang ada bisa langsung digunakan untuk belanja peralatan warung atau resto. Cukup hanya dengan berinvestasi sekitar Rp. 7-jutaan , anda sudah bisa membuka warung bebek goreng atau bakar. Bebek Muda Mandiri juga tidak mematok/mengharuskan berapa nilai rupiah yang akan diinvestasikan, semua diserahkan ke mitra tergantung target market masing-masing. Kami siap membantu mulai dari warung tenda, warung gerobak sampai ke restaurant.

Peluang bagi anda yang ingin berbisnis / berusaha bebek goreng atau bebek bakar dengan membuka warung atau resto dengan menu bebek, sementara anda tidak memiliki pengetahuan tentang cara memasak bebek,dan dihantui kekhawatiran tentang rasa dan aroma bebek. Mulai saat ini anda tidak usah khawatir. Bebek Muda Mandiri memberikan kemudahan. Anda tinggal menyiapkan warung/resto serta perlengkapannya sementara kami siap membantu anda dalam menyajikan menu bebek goreng maupun bakar. Anda tinggal pesan ke kami bebek yang siap saji dan kami akan memberikan tips-2 penggorengan serta pembakaran yang baik guna memberikan rasa bebek yang nikmat namun tidak amis kepada pelanggan anda. Jangan khawatir, anda tidak dikenakan biaya frachise.

Kami akan memberikan dukungan terus menerus untuk membantu mitra dalam menjalankan usahanya.

Keuntungan yang diperoleh jika bermitra dengan kami:

  • Tidak ada Franchise Fee dan Royalty (benar-2 GRATISS)
  • Produk yang halal, sehat, lezat dan bergizi
  • Mitra bebas menentukan skala jenis usaha (gerobak, tendak atau resto)
  • Bisnis yang sederhana dan mudah dikelola
  • Peluang pasar tidak terbatas
  • Pengembangan menu yang tidak terbatas dan tanpa biaya tambahan
  • Jaminan kualitas dan harga yang bersaing


Support dari Bebek Muda Mandiri:

  • Menyedikan bahan baku
  • Memberikan pelatihan pada karyawandalam memasak produk agar sesuai dengan standar
  • Menyediakan pengembangan menu sesuai dengan outlet mitra (sampai saat ini sudah ada 12 variasi menu dengan bahan dasar bebek).
  • Info variasi menu bisa dilihat di http://bebekkaneuw.co.cc

Berikut gambar bebek goreng, bebek bakar dan beberapa variasi menu produksi kami:

Bebek Goreng Presto Bebek Bakar

Bebek Sisit Bali Bebek Buto Ijo

Resep Bebek

NASI BEBEK MADURA

Nasi Bebek yang khas Surabaya, dengan pengolahan yang tepat siapapun pasti bisa memasaknya dengan bebas amis dan enaaakkkk…. Kebetulan penjual Nasi Bebek yang enak di Surabaya rata2 orang madura, sayang penyajiannya kurang khas madura.

Tips menghindari amis:
Pilih yang jantan, unggas jantan lemaknya jauh lebih dikit daripada betina, otomatis kemungkinan amis karena lemak pun minimal. Buang bagian ekor (termasuk aneka bentuk kelenjar disekitarnya) dan segala bentuk usus.

Bahan:
1 ekor bebek yang udah dibersihkan (sekitar 800 gram), potong2 sesue slera
2 sdm cuka
400 ml air matang
2 tangkai sereh, masing2 potong dua, geprak
6 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
Bumbu Halus:
5 siung bawang putih
8 butir bawang merah
1.5 sdt ketumbar sangrai
0.5 sdt merica butiran sangrai
4 cm jahe (diameter skitar 2 cm)
3 cm kunyit (diameter 1.5 cm)
4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
4 cm lengkuas muda (diameter sekitar 2cm)
5cm pangkal sereh (bagian putih yang muda), iris2
8 butir kemiri
2 sdt garam

Cara:
Lumuri potongan bebek dengan cuka, diamkan 20-30 menit di kulkas. Cuci sampe benar2 bersih.
Aduk bersama bumbu halus dan rempah2 lainnya, diamkan di kulkas 30 menit.
Masukin panci presto, tuangi air lalu masak 20 menit terhitung dari waktu berdesis.
Matikan api dan diamkan sampe tekanan & uapnya habis, buka dan tiriskan bebek dari bumbunya.
Goreng bebek sampe kuning kecoklatan ato kering bila suka.

Tips:
Kalo ngga ada panci presto, diungkep biasa sampe empuk (mungkin perlu nambah air beberapa kali sampe bener2 empuk).

Saus Kuning
300 ml bumbu perebus bebek (kalo kurang bisa ditambah air secukupnya) ditumis dengan sedikit minyak sampe kental, buang ampas rempah2nya (sereh dan daun jeruk). Sisihkan.

Sambal Bawang
Bahan:

3 butir bawang merah, iris kasar
4 buah cabe merah, iris halus
Cabe rawit secukupnya
1 buah tomat matang ukuran sedang, cincang kasar
½ sdt terasi goreng
½ sdt garam /secukupnya
1 sdt gula /secukupnya
4 sdm minyak
100 ml air matang

Cara:
Panasin minyak, tumis bawang merah, cabe merah & cabe rawit sampe aromanya kluar.
Masukin tomat, tuangin air. Masak sampe air menyusut.
Pindahkan semua ke cobek, ulek bersama terasi, garam & gula.
Note:
Terus terang kalo dibandingin ibu gue lom jagoan bikin sambel. Jadi selain sambel bawang diatas, silakan pake sambel andalan masing2 😀

Poyah Kelapa Kuning
Bahan:

200 gr kelapa setengah tua, parut memanjang
Bumbu halus:
1 siung bawang putih
½ sdt garam
1 cm kunyit
2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya

Cara:
Tebarkan kelapa di loyang lalu jemur d panas matahari sampe setengah kering.
Aduk kelapa parut dengan bumbu halus sampe rata.
Sangrai dengan api keciiil sampe bener2 kering, matikan api. Diamkan sambil diangin2 sampe adem, simpan di stoples.

Pelengkap lain:
Nasi hangat
Irisan tomat & mentimun
Petikan daun kemangi
Irisan jeruk nipis
Lalapan lain sesue slera

Penyelesaian:
Taruh nasi anget di piring, tuangi 1 sdm bumbu kuning diatasnya, taburi poyah kelapa.
Sajikan bebek goreng, sambel & lalapan di tempat terpisah.

Bebek Goreng Kremes

Bahan:
1 ekor bebek, potong jadi 8 bagian
500 ml air kelapa
1 lbr daun salam
2 cm lengkuasHaluskan:
5 siung bawang putih haluskan
1 sdt ketumbar
1 sdt garam

Kremesan:
250 air rebusan bebek
50 gr tepung beras

Cara membuat:
1. Cuci bersih bebek, lumuri bebek dengan air jeruk nipis dan garam. Dan diamkan selama 15 menit.
2. Cuci bebek hingga bersih. Masukkan bebek dalam panci beri air kelapa, salam lengkuas, bumbu halus masak hingga bebek empuk. Angkat, sisihkan air perebus.
3. Campur air perebus bebek dengan tepung beras, aduk hingga rata dan licin.
4. Panaskan minyak dengan api besar, goreng bebek hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat, sisihkan.
5. Panaskan minyak, goreng tepung berbumbu (jangan diaduk) hingga kering dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan. Taburi kremes di bebek goreng. Sajikan.

Untuk 6 orang

Bebek Betutu khas Ubud Bali

Bahan :
1 ekor bebek, ± 2¼ kg, 3 sdm minyak goreng, Daun pisang untuk membungkus

Bumbu yang dihaluskan :
18 bawang merah, 6 siung bawang putih, 3 batang serai, 5 daun jeruk purut, 6 kemiri, 4 cm jahe, 6 cm kunyit, 6 cm kencur, 1 sdt merica, 5 cabai rawit, 1 sdt ketumbar, 2 sdt terasi bakar, 1½ sdm garam

Cara Membuat:
* Cuci dan bersihkan bebek hingga kering, sisihkan.
* Campur semua bumbu yang dihaluskan dengan minyak goreng di dalam baskom. Aduk hingga merata.
* Oleskan bumbu di atas di bagian luar bebek. Lalu masukkan sisa bumbu semua ke dalam perut bebek.
* Tutup bagian belakang bebek yang terbuka dengan tusuk sate.
* Bungkus bebek tersebut dengan daun pisang hingga rapat lalu dikukus selama 50 menit.
* Angkat bebek yang sudah dikukus lalu masukkan ke dalam oven yang terlebih dahulu dipanaskan dengan temperatur 350ºF selama 30 menit.
* Lepaskan daun pisang pembungkus lalu potong kecil-kecil daging bebek tersebut dan dihidangkan bersama isinya.
* Jika bebek matang, dagingnya akan sangat lembut dan bisa terlepas dari tulangnya dengan mudah.

Catatan: Rasa bebek betutu ini akan lebih enak jika pemanggangan dilakukan di atas arang atau sabut kelapa daripada menggunakan oven. Tapi, jika menggunakan arang, jangan lupa untuk membalikkan bebek beberapa kali supaya matang dan bumbu meresap dengan merata.

Untuk 4-5 orang.

KARI BEBEK
Ukuran porsi: 6 orang

Bahan:
” 1 ekor bebek potong jadi 8 bagian
” 2 bh jeruk nipis ambil airnya
” 1 sdt garam
” 5 sdm minyak sayur
” 8 bh bawang merah, iris tipis
” 10 cm daun pandan
” 2 btg serai, ambil bagian yang putih, memarkan
” 300 ml santan kental
” 500 ml santan cair
” 10 helai daun kari/ daun salam koja

Haluskan:
” 100 gr cabai merah
” 5 btr kemiri
” 1 sdm ketumbar, sangrai
” 1 sdt lada
” ¼ sdt kayumanis
” 10 bh bawang merah
” 2 cm kunyit
” ¼ sdt jinten
” 2 bt cengkeh
” 2 bh kapulaga
” 5 siung bawang putih
” 2 cm jahe
” ¼ sdt adas manis
” 1 bh bunga peka
” 1 sdt kas-kas
” 1 sdt garam

Cara membuat:
1. Lumuri potongan bebek dengan garam dan air jeruk nipis, biarkan selama 15 menit, sisihkan.
2. Panaskan minyak, tumis bawang merah hingga harum, masukkan bumbu halus, daun pandan dan serai, aduk sampai layu.
3. Masukkan potongan bebek, aduk hingga bebek berubah warna, tuang santan cair dan salam koja, masak hingga bebek empuk.
4. Terakhir tambahkan santan kental, masak hingga kental dan berminyak.
5. Sajikan hangat.

Info Harga

Kami Menjual Bebek Hidup, Bebek Karkas dan Bebek Bumbu

BEBEK HIDUP: Minumum order 600 ekor
Jawa Timur ( Surabaya – Sidoarjo – Malang dan sekitarnya ) = Rp.22.500 / ekor
Jawa Tengah ( Jogja – Solo – Semarang dan sekitarnya ) = Rp.24.500 / ekor
Jawa Barat ( Kerawang – Subang – Cikarang -Bandung, Sukabumi) = Rp.25.500 / ekor
Bekasi – Jakarta = Rp.26.000 / ekor

BEBEK KARKAS BEKU: ( bebek dipotong, dibersihkan bulunya,kepala ikut ditimbang, ati ampela tidak ditimbang tp disertakan). Minimum order 40 ekor.

Berikut Harga Bebek Karkas (Franko Jakarta & Jawa Barat)
Berat 0.80 kg = Rp. 27.000
Berat 0.85 kg = Rp. 28.000
Berat 0.90 kg = Rp. 29.000
Berat 0.95 kg = Rp. 30.000
Berat 1.00 kg = Rp. 31.000

Berikut Harga Bebek Karkas (Franko Jawa Tengah)
Berat 0.80 kg = Rp. 26.000
Berat 0.85 kg = Rp. 27.000
Berat 0.90 kg = Rp. 28.000
Berat 0.95 kg = Rp. 29.000
Berat 1.00 kg = Rp. 30.000

Berikut Harga Bebek Karkas (Franko Jawa Timur)
Berat 0.80 kg = Rp. 24.000
Berat 0.85 kg = Rp. 25.000
Berat 0.90 kg = Rp. 26.000
Berat 0.95 kg = Rp. 27.000
Berat 1.00 kg = Rp. 28.000

BEBEK BUMBU SIAP SAJI: (Bebek yang sudah diberi bumbu (biasa dan presto), anda tinggal memasak baik digoreng maupun dibakar. Anda juga bisa menciptakan berbagai variasi menu dari Bebek Bumbu ini). . Harga sudah termasuk sambal merah 1 kg dan sambal hijau 1 kg. Minimum order 40 ekor.

Berikut Harga Bebek Bumbu (Franko Jawa Timur)
Berat 0.80 kg = Rp. 24.000 + Rp.5.000
Berat 0.85 kg = Rp. 25.000 + Rp.5.000
Berat 0.90 kg = Rp. 26.000 + Rp.5.000
Berat 0.95 kg = Rp. 27.000 + Rp.5.000

Berat 1.00 kg = Rp. 28.000 + Rp.5.000

ANALISA USAHA JUAL BEBEK GORENG / BAKAR

Teman-teman sekalian, ada beberapa calon mitra yang menanyakan kepada saya beberpa hal al:

  • Berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha Jual Bebek Goreng/Bakar
  • Peralatan apa saja yang dibutuhkan,
  • Berapa lama BEP / ROInya jika mereka membuka usaha jual bebek goreng/bakar ini.

Tips Bagaimana Seharusnya Mencari Ide Bisnis yang Kreatif

Tips Bagaimana Seharusnya Mencari Ide Bisnis yang Kreatif

Kalau anda mempunyai sebuah ide usaha, sebaiknya anda tidak terobsesi untuk “sekedar” mengembangkan ide usaha kreatif.

Anda harus benar-benar tahu apakah ide peluang usaha baru tersebut bisa anda jalankan atau tidak.

Menemukan ide dan jenis usaha yang cocok yang bisa anda jalankan tidaklah gampang.

Tapi anda bisa mengingat beberapa hal di bawah ini untuk menilai apakah ide bisnis kreatif anda layak atau tidak untuk dijalankan.

1. Mempunyai ide saja tidak cukup.

Banyak para calon pengusaha yang takut untuk mengemukakan ide bisnis kreatif mereka kepada orang lain karena khawatir akan ada yang mencuri ide tersebut. Banyak juga yang bercerita bahwa ide bisnis kreatif mereka dicuri orang. Sebenarnya sah-sah saja seseorang tidak menceritakan ide bisnis kreatif mereka.

Tapi yang harus anda ingat bahwa ide bisnis kreatif hanyalah ide bisnis, tidak lebih. Ide bisnis kreatif bukanlah sebuah bisnis. Saya mempunyai teman selalu punya banyak ide bisnis kreatif.

Tetapi tidak berarti dia bisa mengerjakannya semua. Kuncinya adalah pelaksanaan. Membangun bisnis itu perlu kerja keras, ketabahan dan manajemen keuangan yang baik. Baru kemudian anda tambah dengan menu selalu kreatif. :)

Pelaksanaan bisnis selalu lebih unggul daripada ide bisnis yang hebat. Anda tidak bisa membeli nasi goreng dengan setumpuk ide bisnis kreatif. Bisnis yang berjalan dan bisa mendapatkan profitlah yang bisa anda gunakan untuk membeli nasi goreng, bahkan hingga gerobaknya kalau penjualnya mau.

2. Jangan terlalu berfokus pada ide bisnis yang baru untuk berhasil.

Kadang-kadang bisnis yang baik dan menguntungkan berasal dari ide bisnis kecil yang sederhana. Mungkin memang benar Bill Gates-lah yang membuat dan mempopulerkan sistem operasi windows yang user friendly. Tapi anda bisa memperoleh uang dengan “hanya” membuka kursus pelatihan bagaimana mengoperasikan sistem operasi windows tersebut.

Anda tidak perlu membawa sebuah ide bisnis gila yang dahsyat dengan menciptakan sistem operasi buatan anda sendiri. Banyak orang yang tidak ingin memiliki bisnis kelas dunia yang berukuran super raksasa. Mereka hanya ingin memiliki perusahaan yang menguntungkan. Anda bisa tiru itu.

3. Kadangkala ide bisnis baru yang luar biasa bisa menjadi bumerang bagi anda.

Satu kiat sukses bisnis dari Rhonda Abrams adalah : “Lebih mudah memperoleh satu bagian kecil dari pasar yang sudah ada daripada menciptakan pasar baru“. Kalau anda benar-benar siap secara mental dan siap menanggung konsekuensinya, ide bisnis baru akan bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Tapi yang harus anda ingat adalah, menciptakan pasar yang baru adalah hal yang sulit, membutuhkan banyak waktu dan biaya yang besar. Saya pernah mengalaminya hingga sekarang. Produk baru saya membutuhkan perencanaan bisnis yang lama. Saya harus memecahkan segala permasalan produksi, mencari pemasok dan menciptakan pasar. Sangat susah untuk mengedukasi pasar.

4. Perhatikan dan pelajari juga ide bisnis yang lama.

Sebagian besar ide bisnis terbaik untuk bisnis baru berasal ide-ide bisnis yang pernah dikembangkan sebelumnya. Ketika sebuah industri berkembang dan perusahaan-perusahaan besar mulai mendominasi, seringkali mereka mengabaikan sebagian kecil konsumen atau pangsa pasar mereka.

Padahal pangsa pasar tersebut masih cukup menguntungkan. Anda bisa mendapatkan peluang untuk meraih pangsa pasar tersebut.

Contohnya seperti ini. Sebut saja toko “X” yang menjual oleh-oleh khas kota anda menguasai pangsa pasar di kota anda. Setelah anda amati, ternyata toko tersebut tidak berjualan secara online. Dengan ide bisnis yang sama, produk yang sejenis dan harga yang tidak jauh berbeda, anda bisa menjual produk tersebut melalui internet dengan memasang iklan online.

Begitu juga sebaliknya. Situs “grosir kerupuk murah” yang mempunyai traffic tinggi ternyata tidak berjualan secara offline. Ini kesempatan bagi anda untuk berjualan kerupuk misalnya dengan cara menitipkannya ke toko-toko kelontong.

Hanya saja yang perlu anda ingat, ide bisnis yang buruk jangan anda lakukan. Contohnya adalah menjual furnitur ke konsumen langsung dengan wilayah pasar hingga seberang pulau. Ide bisnis kreatif ini tidak cukup baik.

Mereka yang ingin membeli furnitur biasanya ingin melihat langsung dan merasakannya. Lain halnya kalau anda menjual furnitur bukan ke konsumen langsung (end user), tapi ke penjual kembali.

Nah sekarang, kira-kira anda sudah menemukan ide bisnis usaha anda? Kalau belum, segera anda cari. Timbanglah ide ide bisnis anda dengan cermat dan laksanakan ide bisnis terbaru tersebut.

Mengubah Hobi Anda Menjadi Sebuah Penghasilan Tambahan

Mengubah Hobi Anda Menjadi Sebuah Penghasilan Tambahan

Mengubah sebuah hobi menjadi sebuah bisnis yang bisa memberikan tambahan penghasilan merupakan ide bisnis yang paling banyak disukai.

Banyak buku yang menyarankan para calon pengusaha, termasuk yang mencari penghasilan tambahan atau yang masih bekerja untuk melakukan apa yang mereka sukai.

Mereka yakin dengan melakukan apa yang mereka sukai, uang akan datang dengan sendirinya. Anda pasti juga tertarik jika hobi anda yang biasanya hanya anda jadikan untuk kegiatan bersenang-senang tiba-tiba bisa berubah menjadi penghasilan tambahan. Benar, ini merupakan saran yang baik. Tapi kadangkala saran ini bisa jadi tidak cukup baik bagi anda.

Saat anda mempunyai bisnis sendiri, anda tidak akan bisa lepas dari masalah di dalamnya, walaupun hanya sekadar ingin mempunyai tambahan penghasilan. Anda harus mengurus gaji pegawai atau membayar tagihan-tagihan yang masuk ke rekening anda. Apakah anda ingin mengubah hobi atau kegemaran anda menjadi sumber masalah seperti itu?

Memperoleh penghasilan tambahan dari hobi bisa membuat anda melakukan sesuatu yang tidak membosankan karena kegiatan tersebut anda sukai. Tapi masalahnya sekarang berbeda. Mengubah sesuatu yang anda sukai seperti bermain futsal, menjahit, memasak atau memancing menjadi kegiatan usaha yang bisa membuat tambahan penghasilan bagi anda butuh kerja keras dan menyita perhatian penuh.

Maka dari itu, sebaiknya anda pelajari dulu sebelum anda berkeinginan mencari penghasilan tambahan dari hobi anda. Pertama, pelajari untung ruginya mengubah hobi menjadi sebuah kegiatan yang memberikan tambahan penghasilan. Anda bisa lihat perbandingannya berikut ini.

Keuntungan :

  1. Karena melakukan sesuatu yang anda sukai, anda bisa lebih termotivasi. Bagaimana tidak? Anda akan berada pada suasana atau tempat yang hampir selalu anda sukai.
  2. Jelas anda akan melakukan usaha berdasarkan sesuatu yang telah anda ketahui, karena itu hobi anda.
  3. Anda mempunyai semua link, kontak dan segala sesuatu yang berhubungan dengan jenis usaha tersebut. Sekali lagi hal itu bisa terjadi karena usaha tersebut hobi anda.

Kelemahan :

  1. Anda mengubah hobi menjadi sebuah pekerjaan karena anda mencari penghasilan tambahan.
  2. Anda kehilangan sumber kegiatan santai. Melakukan hobi berbeda dengan mengerjakan bisnis.
  3. Mungkin hobi tersebut tidak bisa dijadikan bisnis yang realistis bagi anda.
  4. Karena hobi, keahlian yang anda miliki bisa jadi belum memadai untuk bekerja sebagai seorang profesional.
  5. Ini yang paling susah saat anda mengubah hobi menjadi kegiatan mencari penghasilan tambahan. Semua keputusan harus anda dasarkan pada usaha menyenangkan konsumen, bukan diri anda.

Memperoleh tambahan penghasilan dari sebuah kegiatan pasti akan mengubah cara anda merasakan kegiatan tersebut. Bermain futsal atau memancing untuk melepaskan kepenatan setelah seharian bekerja sangat berbeda dengan menyewakan lapangan futsal dan menimbang berapa kilo hasil ikan pancingan konsumen anda.

Fokusnya berubah, tidak lagi tentang olahraga apa yang anda sukai atau ikan apa yang anda senangi. Tetapi untuk menyenangkan konsumen dengan membangun hubungan baik bersama mereka.

Yang kedua, sebelum anda mencari tambahan penghasilan yang berhubungan dengan hobi anda, pastikan terlebih dahulu potensi penghasilan yang mungkin bisa anda raih. Entah pangsa pasarnya, prospek bisnisnya atau seberapa lama bisnis tersebut bisa bertahan.

Pernahkah anda lihat orang terjun di tanaman hias tiba-tiba berhenti dalam waktu 2 tahun gara-gara tanaman hias tersebut tidak laku lagi? Faktor inilah yang menyebabkan banyak usaha yang hancur, bukan hanya yang berangkat dari hobi saja. Mereka tidak dibekali oleh dasar-dasar berbisnis.

Ingat, walaupun tujuan anda hanya mencari penghasilan tambahan, anda harus tahu seperti apa menjalankan usaha. Bukankah tujuan anda adalah mencari tambahan penghasilan?

Dan mencari penghasilan tambahan berarti anda harus belajar bagaimana agar produk anda laku, bagaimana memilih lokasi yang baik, bagaimana caranya memberikan penawaran yang efektif, bagaimana caranya memasang iklan dan sebagainya. Anda tidak ingin rugi kan?

Oleh karena itu, sebelum anda mencari tambahan penghasilan dari hobi anda, pastikan anda menimbang baik-baik rencana tersebut. Kalau anda bisa mengatasi hambatan dan memaksimalkan potensi bisnis dari hobi anda, maka insya Allah anda akan merasakan hasil yang luar biasa. Anda akan merasakan kesenangan karena anda mendapatkan penghasilan tambahan dari sesuatu yang anda senangi.

Siapa yang tidak senang dengan hobi memelihara kelinci hias tiba-tiba bisa mendapatkan income tambahan penghasilan dari kegiatan tersebut. Sekarang, kira-kira apa hobi anda yang bisa anda jadikan sebagai alternatif  cari tambahan penghasilan?

Bisnis

Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.

Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.

Bentuk dasar kepemilikan bisnis

Meskipun bentuk kepemilikan bisnis berbeda-beda pada setiap negara, ada beberapa bentuk yang dianggap umum:

  • Perusahaan perseorangan: Perusahaan perseorangan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Artinya, apabila bisnis mengalami kerugian, pemilik lah yang harus menanggung seluruh kerugian itu.
  • Persekutuan: Persekutuan adalah bentuk bisnis dimana dua orang atau lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan profit. Sama seperti perusahaan perseorangan, setiap sekutu (anggota persekutuan) memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Persekutuan dapat dikelompokkan menjadi persekutuan komanditer dan firma.
  • Perseroan: Perseroan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direktur. Setiap pemilik memiliki tanggung jawab yang terbatas atas harta perusahaan.
  • Koperasi: adalah bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya. Karateristik utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain adalah anggota koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.

Klasifikasi

Wall Street, Manhattan is the location of the New York Stock Exchange and is often used as a symbol for the world of business.

Commercial Street, Bangalore. India

Bisnis terdiri dari berbagai macam tipe, dan, sebagai akibatnya, bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda-beda. Satu dari banyak cara yang dapat digunakan adalah dengan mengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan.

  • Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
  • Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
  • Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer. lihat pula: Waralaba
  • Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral tambang.
  • Bisnis finansial adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
  • Bisnis informasi adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual property).
  • Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
  • Bisnis real estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, dan bangunan.
  • Bisnis transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.

Manajemen

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: manajemen

Studi yang mempelajari operasi bisnis secara efesien dan efektif disebut dengan manajemen. Cabang utama dari manajemen adalah manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen stratejik, manajemen operasi, manajemen produksi, manajaman teknologi informasi, dan intelejen bisnis.

Contoh Bisnis Plan

Bagaimana Membuat Business Plan

Business Plan (BP) pada dasarnya adalah deskripsi tertulis mengenai masa depan bisnis, yang menjelaskan APA dan BAGAIMANA rencananya. BP biasanya digunakan oleh wiraswastawan yang sedang mencari calon investor untuk menyampaikan visi mereka kepada calon investor. BP juga sering kali digunakan oleh perusahaan untuk menarik karyawan penting, prospek bisnis baru, berhubungan dengan supplier, atau bahkan hanya untuk diberikan kepada siapapun agar mereka lebih mengerti bagaimana mengelola perusahaan secara lebih baik.

BP pada umumnya terdiri dari Tujuan bisnis, Strategi yang digunakan untuk mencapainya, Masalah potensial yang kira-kira akan dihadapi dan cara mengatasinya, Struktur organisasi (termasuk jabatan dan tanggung jawab), dan Modal yang diperlukan untuk membiayai perusahaan dan bagaimana mempertahankannya sampai mencapai break even.

Menarik tidaknya sebuah BP juga tergantung pada bagaimana cara menulis dan menyusunnya. Seringkali kita memiliki ide bisnis yang brilian, namun belepotan dalam mengungkapkannya dalam bentuk BP. Sebuah perencanaan Bisnis akan baik apabila mengikuti pedoman yang telah disepakati secara umum dalam dunia bisnis, baik dari segi susunan maupun isi.

Ada 3 bagian utama dari sebuah Perencanaan Bisnis:
1.Yang pertama adalah Konsep Bisnis, yang menjelaskan secara rinci industri yang digeluti, struktur bisnis, produk dan jasa yang ditawarkan dan bagaimana rencana untuk mensukseskan bisnis.
2.Yang kedua adalah market/pasar, yang membahas dan menganalisa konsumen potensial: siapa dan dimana mereka berada, apa yang menyebabkan mereka mau membeli, dan lain-lain. Dalam bagian ini, juga perlu menjelaskan persaingan yang akan dihadapi dan bagaimana memposisikan diri untuk memenangkannya.
3.Yang ketiga adalah Finansial, mencakup estimasi pendapatan dan arus kas, neraca serta rasio keuangan lainnya, seperti analisis break even. Untuk ini mungkin akan memerlukan bantuan seorang akuntan dan program software spreadsheet yang bagus.

Ketiga bagian tersebut dapat dibagi-bagi lebih jauh lagi, menjadi 7 komponen kunci:
1.Executive summary
2.Deskripsi Bisnis
3.Strategi pasar
4.Analisis kompetitif
5.Rencana Desain dan Pengembangan
6.Rencana Operasi dan Manajemen
7.Faktor-faktor keuangan

Panjang pendeknya sebuah BP sangatlah tergantung fungsi perencanaan bisnis itu sendiri. Biasanya BP setebal 15 – 20 halaman. Namun jika mengajukan sebuah bisnis baru atau bahkan industri baru, maka akan memerlukan penjelasan lebih untuk menyampaikannya, bahkan mungkin sampai 100 halaman lebih. Demikian pula jika membutuhkan jutaan dolar sebagai modal untuk memulai suatu usaha yang beresiko, maka akan perlu untuk menyediakan banyak penjelasan untuk meyakinkan. Namun jika hanya ingin menggunakan perencanaan tersebut untuk tujuan internal, untuk mengatur bisnis, maka sebuah versi singkat sudah cukup memadai.

Untuk lebih jelasnya silahkan download format & panduan dalam merumuskan bisnis plan di bawa ini mudah-mudahan bermanfaat

Doanload Contoh Bisnis Plan di sini

NASI BEBEK MADURA

Nasi Bebek yang khas Surabaya, dengan pengolahan yang tepat siapapun pasti bisa memasaknya dengan bebas amis dan enaaakkkk…. Kebetulan penjual Nasi Bebek yang enak di Surabaya rata2 orang madura, sayang penyajiannya kurang khas madura.

Tips menghindari amis:
Pilih yang jantan, unggas jantan lemaknya jauh lebih dikit daripada betina, otomatis kemungkinan amis karena lemak pun minimal. Buang bagian ekor (termasuk aneka bentuk kelenjar disekitarnya) dan segala bentuk usus.

Bahan:
1 ekor bebek yang udah dibersihkan (sekitar 800 gram), potong2 sesue slera
2 sdm cuka
400 ml air matang
2 tangkai sereh, masing2 potong dua, geprak
6 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
Bumbu Halus:
5 siung bawang putih
8 butir bawang merah
1.5 sdt ketumbar sangrai
0.5 sdt merica butiran sangrai
4 cm jahe (diameter skitar 2 cm)
3 cm kunyit (diameter 1.5 cm)
4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
4 cm lengkuas muda (diameter sekitar 2cm)
5cm pangkal sereh (bagian putih yang muda), iris2
8 butir kemiri
2 sdt garam

Cara:
Lumuri potongan bebek dengan cuka, diamkan 20-30 menit di kulkas. Cuci sampe benar2 bersih.
Aduk bersama bumbu halus dan rempah2 lainnya, diamkan di kulkas 30 menit.
Masukin panci presto, tuangi air lalu masak 20 menit terhitung dari waktu berdesis.
Matikan api dan diamkan sampe tekanan & uapnya habis, buka dan tiriskan bebek dari bumbunya.
Goreng bebek sampe kuning kecoklatan ato kering bila suka.

Tips:
Kalo ngga ada panci presto, diungkep biasa sampe empuk (mungkin perlu nambah air beberapa kali sampe bener2 empuk).

Saus Kuning
300 ml bumbu perebus bebek (kalo kurang bisa ditambah air secukupnya) ditumis dengan sedikit minyak sampe kental, buang ampas rempah2nya (sereh dan daun jeruk). Sisihkan.

Sambal Bawang
Bahan:

3 butir bawang merah, iris kasar
4 buah cabe merah, iris halus
Cabe rawit secukupnya
1 buah tomat matang ukuran sedang, cincang kasar
½ sdt terasi goreng
½ sdt garam /secukupnya
1 sdt gula /secukupnya
4 sdm minyak
100 ml air matang

Cara:
Panasin minyak, tumis bawang merah, cabe merah & cabe rawit sampe aromanya kluar.
Masukin tomat, tuangin air. Masak sampe air menyusut.
Pindahkan semua ke cobek, ulek bersama terasi, garam & gula.
Note:
Terus terang kalo dibandingin ibu gue lom jagoan bikin sambel. Jadi selain sambel bawang diatas, silakan pake sambel andalan masing2 😀

Poyah Kelapa Kuning
Bahan:

200 gr kelapa setengah tua, parut memanjang
Bumbu halus:
1 siung bawang putih
½ sdt garam
1 cm kunyit
2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya

Cara:
Tebarkan kelapa di loyang lalu jemur d panas matahari sampe setengah kering.
Aduk kelapa parut dengan bumbu halus sampe rata.
Sangrai dengan api keciiil sampe bener2 kering, matikan api. Diamkan sambil diangin2 sampe adem, simpan di stoples.

Pelengkap lain:
Nasi hangat
Irisan tomat & mentimun
Petikan daun kemangi
Irisan jeruk nipis
Lalapan lain sesue slera

Penyelesaian:
Taruh nasi anget di piring, tuangi 1 sdm bumbu kuning diatasnya, taburi poyah kelapa.
Sajikan bebek goreng, sambel & lalapan di tempat terpisah.

Bebek Goreng Kremes

Bahan:
1 ekor bebek, potong jadi 8 bagian
500 ml air kelapa
1 lbr daun salam
2 cm lengkuasHaluskan:
5 siung bawang putih haluskan
1 sdt ketumbar
1 sdt garam

Kremesan:
250 air rebusan bebek
50 gr tepung beras

Cara membuat:
1. Cuci bersih bebek, lumuri bebek dengan air jeruk nipis dan garam. Dan diamkan selama 15 menit.
2. Cuci bebek hingga bersih. Masukkan bebek dalam panci beri air kelapa, salam lengkuas, bumbu halus masak hingga bebek empuk. Angkat, sisihkan air perebus.
3. Campur air perebus bebek dengan tepung beras, aduk hingga rata dan licin.
4. Panaskan minyak dengan api besar, goreng bebek hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat, sisihkan.
5. Panaskan minyak, goreng tepung berbumbu (jangan diaduk) hingga kering dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan. Taburi kremes di bebek goreng. Sajikan.

Untuk 6 orang

Bebek Betutu khas Ubud Bali

Bahan :
1 ekor bebek, ± 2¼ kg, 3 sdm minyak goreng, Daun pisang untuk membungkus

Bumbu yang dihaluskan :
18 bawang merah, 6 siung bawang putih, 3 batang serai, 5 daun jeruk purut, 6 kemiri, 4 cm jahe, 6 cm kunyit, 6 cm kencur, 1 sdt merica, 5 cabai rawit, 1 sdt ketumbar, 2 sdt terasi bakar, 1½ sdm garam

Cara Membuat:
* Cuci dan bersihkan bebek hingga kering, sisihkan.
* Campur semua bumbu yang dihaluskan dengan minyak goreng di dalam baskom. Aduk hingga merata.
* Oleskan bumbu di atas di bagian luar bebek. Lalu masukkan sisa bumbu semua ke dalam perut bebek.
* Tutup bagian belakang bebek yang terbuka dengan tusuk sate.
* Bungkus bebek tersebut dengan daun pisang hingga rapat lalu dikukus selama 50 menit.
* Angkat bebek yang sudah dikukus lalu masukkan ke dalam oven yang terlebih dahulu dipanaskan dengan temperatur 350ºF selama 30 menit.
* Lepaskan daun pisang pembungkus lalu potong kecil-kecil daging bebek tersebut dan dihidangkan bersama isinya.
* Jika bebek matang, dagingnya akan sangat lembut dan bisa terlepas dari tulangnya dengan mudah.

Catatan: Rasa bebek betutu ini akan lebih enak jika pemanggangan dilakukan di atas arang atau sabut kelapa daripada menggunakan oven. Tapi, jika menggunakan arang, jangan lupa untuk membalikkan bebek beberapa kali supaya matang dan bumbu meresap dengan merata.

Untuk 4-5 orang.

KARI BEBEK
Ukuran porsi: 6 orang

Bahan:
” 1 ekor bebek potong jadi 8 bagian
” 2 bh jeruk nipis ambil airnya
” 1 sdt garam
” 5 sdm minyak sayur
” 8 bh bawang merah, iris tipis
” 10 cm daun pandan
” 2 btg serai, ambil bagian yang putih, memarkan
” 300 ml santan kental
” 500 ml santan cair
” 10 helai daun kari/ daun salam koja

Haluskan:
” 100 gr cabai merah
” 5 btr kemiri
” 1 sdm ketumbar, sangrai
” 1 sdt lada
” ¼ sdt kayumanis
” 10 bh bawang merah
” 2 cm kunyit
” ¼ sdt jinten
” 2 bt cengkeh
” 2 bh kapulaga
” 5 siung bawang putih
” 2 cm jahe
” ¼ sdt adas manis
” 1 bh bunga peka
” 1 sdt kas-kas
” 1 sdt garam

Cara membuat:
1. Lumuri potongan bebek dengan garam dan air jeruk nipis, biarkan selama 15 menit, sisihkan.
2. Panaskan minyak, tumis bawang merah hingga harum, masukkan bumbu halus, daun pandan dan serai, aduk sampai layu.
3. Masukkan potongan bebek, aduk hingga bebek berubah warna, tuang santan cair dan salam koja, masak hingga bebek empuk.
4. Terakhir tambahkan santan kental, masak hingga kental dan berminyak.
5. Sajikan hangat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: